Wednesday 30 December 2015

[review] Perfect Match by Park Mi Youn




Judul : Perfect Match
Penulis : Park Mi Youn
Penerjemah: Dewi Ayu Ambar Rani
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun Terbit : 2015
Cetakan : Pertama
Spesifikasi : 20 cm, 338 halaman
Jumlah Bab : 6 (beserta prolog dan epilog)
Harga : Rp. 76.000,-
Durasi Baca : 2015
Kepemilikkan : Milik Sendiri
Rate : 3 of 5 ^^
.
.
.
.
*catatan: novel dewasa
.
.
Sinopsis;


“Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa cinta itu tak berharga.”
—Wanita yang percaya adanya cinta, Jung Eun Su, anak bungsu Presiden Direktur Jung.

“Aku tidak punya orang yang kucintai. Sampai kapan pun, sepertinya aku tidak akan pernah bisa mencintai seseorang.”
—Pria yang tak pernah memulai cinta, Kim Hyuk Jun, penerus Grup Sinsung.

Keduanya dijodohkan dan perjodohan tersebut diharapkan bisa memperkuat posisi kedua perusahaan yang sedang dilanda krisis.

Keduanya jatuh ke dalam perasaan yang paling tak sempurnya, paling tak dapat dipercaya. Cinta kedua orang tersebut pun dimulai. Apakah itu merupakan keberuntungan atau kesialan?

Benarkah yang mereka rasakan itu cinta?


.
.

“Lalu … bagaimana denganku? Memangnya aku juga tidak boleh tertawa? Awalnya, sesuatu merasuki pikiranku, kenapa cuma aku yang tidak bahagia? (p. 73)

Hyuk Jun adalah pemimpin perusahaan dengan masa lalu yang tidak mengenakkan. Kematian Ji Hyun, tunangannya, menjadi beban berat dalam hidupnya karena semua orang seakan menyalahkannya, termasuk sepupunya, Tae Wook. Sudah lima tahun berlalu setelah kematian Ji Hyun dan Hyuk Jun belum pernah menjalani hubungan dengan siapapun. Kemudian, Presiden Direktur Jung, rekan kerjanya pun mencoba menjodohkan Hyuk Jun dengan putrinya, Eun Su.

“Selama sepuluh tahun aku sudah setia padanya. Dan sampai sekarang aku masih harus memikul tanggung jawab itu. apakah dalam cinta sepihak, salah satu pihak harus bertanggung jawab pada pihak lainnya? Tidak seperti itu, kan? Karena itulah, orang yang mengalami cinta sepihak pasti merasa kesulitan.” (p. 140)

Eun Su sendiri bukanlah perempuan yang terlalu paham atas cinta—walaupun ia tahu cinta itu ada. Melihat kehidupan orang-orang di sekelilingnya yang menderita karena cinta membuatnya cenderung skeptis pada hal tersebut. Walaupun begitu, Eun Su menyetujui perjodohan yang diusulkan ayahnya tersebut. Pertemuan Eun Su dengan Hyuk Jun cukup berjalan dengan baik dan mereka pun merasakan kenyamanan satu sama lain. Semakin lama mereka berinteraksi, maka semakin bertambah pula kedekatan kedua orang tersebut.

“Entahlah. Kenapa Anda baru mengatakan hal itu sekarang? Kenapa?! Kalau Anda tidak mengatakannya sejak dulu, lebih baik Anda tak pernah mengatakannya. Beban itu … hanya saya sendiri yang merasakannya. Kalau Anda baru menyuruh saya kembali sekarang, lalu apa yang bisa saya perbuat?” (p. 246)

Hyuk Jun pun mengangkat Eun Su sebagai wakil ketua tim perencanaan ketika perusahaan sedang dilanda krisis akibat saham yang terlalu banyak dibeli oleh pihak asing. Tae Wook yang mendengar perjodohan antara Eun Su dan Hyuk Jun pun geram karena sebelum Ji Hyun meninggal, perempuan itu membuat Hyuk Jun berjanji tidak akan pernah jatuh cinta pada siapapun lagi.
Bagaimana reaksi Eun Su ketika mengetahui hal tersebut? Apakah dengan bergabungnya Eun Su ke dalam tim akan membuat perubahan bagi perusahaan yang sedang dilanda krisis? Bagaimanakah akhir dari hubungan Eun Su dan Hyuk Jun?
.
.
.
.

“Aku tidak memohon padamu untuk mencintaiku, tapi kau tidak boleh mengabaikan suara hatimu. Aku yakin, perasaan ini bukan hanya aku sendiri yang merasakannya. Kau tahu itu, kan?” (p. 274)

.
.


Baca selengkapnya pada novel Perfect Match karya Park Mi Youn ini! ^^


.
.
Perfect Match adalah salah satu K-Iyagi (cerita terjemahan dari Korea) yang diterbitkan oleh Penerbit Haru. Ini adalah buku Park Mi Youn pertama yang kubaca. Novel ini—karena kontennya mengandung satu dan lain hal, maka ditujukkan untuk pembaca dewasa.
Mengangkat tema drama romantis dengan setting perusahaan, saya kira Park Mi Youn-sshi berhasil menuliskannya dengan baik. Sepanjang cerita, kita bisa melihat bagaimana kehidupan perusahaan, rapat, hingga intrik di dalamnya.
Untuk alur sendiri, menurut saya bergerak cukup lambat namun pas dengan kebutuhan cerita. Masa perkenalan antara Hyuk Jun dan Eun Su, bagaimana baik Hyuk Jun maupun Eun Su mulai berkenalan dengan keluarga pasangannya, hingga bagaimana konflik pertama mereka sebagai pasangan muncul. Hanya saja, saya merasa konflik dalam cerita ini tidak terlalu diangkat hingga tidak membuat saya terhanyut dalam cerita karena memang tidak ada yang perlu diselesaikan.
Untuk penokohan sendiri, saya tidak mendapatkan kesan yang cukup baik dari Hyuk Jun maupun Eun Su. Saya juga tidak bisa merasakan chemistry pada hubungan mereka ;;;;;; entah mengapa menurut saya hubungan mereka datar sekali ;;;;; saya malah lebih tertarik pada Tae Wook. Lelaki itu memiliki kesedihan yang mendalam dan sayang sekali, menurut saya karakternya (juga karakter Hyuk Jun dan Eun Su) kurang digali lebih dalam.
Adegan dewasa dalam novel ini untungnya tidak digambarkan secara eskplisit, namun halus saja. Walaupun begitu, saya cukup kaget sih hehe
Secara keseluruhan, saya kurang puas dengan novel ini karena menurut saya pada banyak bagian terasa datar dan interaksi antara tokoh utamanya kurang greget :” walaupun begitu, dari karya ini saya mengambil nilai perlu bagi kita untuk mencob membuka hati pada kesempatan kedua.
.
.
.
Baiklah, sekian review novel Perfect Match dari saya!
Tertarik untuk membaca novelnya? BURUAN BACAAA! :”)))))
Sudah membacanya? Yuk atuh kita FANGIRLING-an! :”)))))))))))
.
.
.

“Keharusan mencintai pasangan bukanlah yang terpenting; seberapa besar kepercayaan pasangan dan bisakah pria itu bersamaku selama sisa hidupku, itulah yang terpenting.” (p. 119)

.
.





0 comments:

Post a Comment