Monday 19 October 2015

[Review] Oppa & I: Love Signs by Orizuka & Lia Indra Andriana



Judul                     : Oppa & I; Love Signs
Penulis                  : Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit                : Penerbit Haru
Tahun Terbit          : 2013
Cetakan                : Pertama
Spesifikasi             : 19 cm, 220 halaman
Jumlah Bab            : 12 (dua belas) bab
Harga                    : Rp. 39.000,-
Durasi Baca           : 5 Oktober-8 Oktober 2015
Kepemilikkan       : Kepemilikan sendiri (menang GA kak Lia Indra Andriana)
Rate                       : 4.5 of 5 ^^
.
.
Sinopsis;


Jae In:
Oppa.
Apa yang yang sedang terjadi?
Kenapa hidupku jadi serumit ini?
Kenapa aku tak bisa memahami perasaanku sendiri?

Jae Kwon:
Jae In-a.
Oppa pernah bilang kan, kalau Oppa akan selalu ada untukmu?
Jadi, kenapa kau harus menyimpannya sendiri?
Ada oppa di sini!


.
.
.
trailer: 

.
.
.
Cerita dimulai ketika pagi hari, Park Jae-In dan Park Jae-Kwon yang hendak masuk ke sekolah mereka menemui sekelompok fans Choi Seung Won yang sedang berkumpul—bergerombol mencari seorang perempuan yang digosipkan dekat dengan idola mereka. Kedua saudara yang tidak tahu apa-apa itu hanya bisa melanjutkan masuk ke kelas untuk mendapati berita yang menggemparkan: skandal menimpa Choi Seung Won, dan skandal itu melibatkan Jae-In!


Jae-In masih tidak tahu ini semua tentang apa, tetapi ia tahu satu hal. Apa pun yang berhubungan dengan Choi Seung Won selalu berhasil membuat kepalanya pusing (p. 14)


Ketegangan cerita dimulai di sini; Jae-kwon yang tidak suka adiknya digosipkan dengan Seung Won (tentu saja, apalagi gosipnya bukan gosip baik-baik), kesinisan fans-fans Seung Won pada Jae-In, Jae-In yang tertekan dan bingung bagaimana menghadapi konflik ini sementara Seung Won menghilang tanpa kabar, hingga puncaknya (menurut aku sendiri) adalah saat Seung Won mengatakan pada media bahwa Jae-In adalah kekasihnya!


Jae In mendesah. Jelas-jelas ia menggambar Seung Won. Si berengsek yang menghilang tanpa kabar selama berbulan-bulan. Si berengsek yang sedang jadi buah bibir di seantero negeri. Si berengsek yang berbagi skandal bersamanya (p. 40).


Hal itu menyulut berbagai macam konflik lainnya. Dengan bantuan teman-temannya, gosip itu dapat sedikit diredam. Seung Won sendiri tidak memberikan kabar dan itu membuat Jae-in gemas dibuatnya. Jae-In semakin bingung dengan lelaki itu. Jae-In yang kemudian kembali ke sekolah mendapatkan sambutan yang tidak mengenakan dari para penggemar Seung Won yang membuatnya sedikit tertekan.

Sebagai kakak, Jae Kwon tidak diam saja, ia pun membuat perhitungan dengan Choi Seung Won. Untuk menghibur adiknya dan menjauhkannya sejenak dari masalah skandal ini, Jae-Kwon pun mengajak Jae-In dan teman-temannya ke Busan untuk berlibur. Tanpa disangka, Busan yang seharusnya menjadi tempat liburan yang menyenangkan dan menjauhkan dari Seung Won ternyata menjadi tempat di mana Jae In kembali bertemu dengan Seung Won untuk pertama kalinya setelah skandal tersebut tersebar.

Banyak kejadian penting yang terjadi di Busan ini; interaksi antara Seung Won dan Park bersaudara, kejadian mengerikan yang membuat Jae-In marah pada kedua lelaki itu, hingga pada akhirnya, di kencan pertama mereka, Seung Won berkata pada Jae-In bahwa dia akan menarik segala ucapannya di media. 


Yang Jae In tidak tahu adalah perasaannya sendiri. Saat ini, perasaannya mengenai cowok itu seperti benang kusut; Jae In tidak tahu bagaimana harus mengurainya. (p. 138)


Namun yang paling utama, berbagai kejadian pada liburan musim panas mereka itu menjadi sebuah jembatan penghubung untuk menutup konflik-konflik yang ada dan pelan-pelan menjawab pertanyaan dalam hati Jae-In atas perasaannya pada Seung Won.
.
.
.

“Jae In-a, katakan saja sejujurnya pada oppa …” Jae Kwon mulai berbicara, mendekat ke arah Jae In. “Sebenarnya, apa yang kau inginkan?” (p. 172)

.
.


Baca selengkapnya pada novel Oppa & I: Love Signs karya Orizuka & Lia Indra Andriana ini! ^^


.
.
Oppa & I; Love Signs ini adalah buku ketiga dari seri Oppa & I yang ditulis oleh dua orang author yaitu, Orizuka dan Lia Indra Andriana. Novel ini diangkat dari webseries di koreanupdates.com. Novel ini adalah buku terakhir dari seri Oppa & I.

Sama seperti buku-buku sebelumnya, seri Oppa & I ini menyuguhkan cerita yang manis! Alurnya tidak terlalu cepat, namun juga tidak lambat, jadi sebagai pembaca, saya bisa menikmati perkembangan ceritanya dengan baik. Interaksi antara karakternya itu khas dan manis—dan yang aku suka dari seri ini, Kak Orizuka dan Kak Lia berhasil interaksi yang manis dan khas pada semua karakternya, bukan hanya pada karakter utamanya saja, karakter ‘pendukung’nya pun mendapat porsi yang sama-sama memberikan efek manis dan membuat mereka menjadi memorable juga :”)

Seperti pada buku-buku sebelumnya, selain kisah romansanya, di buku ini juga terasa sekali aura kekeluargaan dan persahabatannya. Selama menghadapi berbagai konflik dalam Oppa & I: Love Signs ini, Jae-In selalu mendapat bantuan dari orang-orang sekitarnya, mulai dari Jae-Kwon, Sara, Dae Suk, Ha Neul, Tae Jun dan bahkan Choi Seung Won yang dianggap sebagai biang keladi sebenarnya ikut membantu Jae-In dengan caranya sendiri. Walaupun begitu, peran Jae-Kwon sebagai oppa sangat terasa di sini :”) saya juga sangat menyukai bagaimana tiap karakter mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Walaupun pada buku ketiga ini fokus cerita ada pada Jae In, tapi perubahan Jae Kwon menurut saya sangat kentara sekali, dia semakin dewasa ^^

Kali ini, tidak ada hal yang mengganggu saya ketika membaca seri ketiga ini. Sepertinya, seri ini memang penutup yang sempurna ^^ saya suka bagaimana cerita pada buku ketiga ini seperti lingkaran yang utuh—tidak memiliki celah dan saling berhubungan ^^

Salut kepada tim yang melahirkan seri Oppa & I ini, selama membaca tiga bukunya, saya tidak menemukan salah ketik. Dan satu hal lagi yang saya ingin sampaikan, ilustrasi dalam setiap bab sangatlah menarik dan cute! Suka juga dengan komik mini yang nampang di akhir buku ^^

Dan sebagai penutup, saya ingin menyampaikan satu nilai penting yang saya dapatkan dari karya ini—bahwa barangkali, mencintai seseorang memang tidak membutuhkan alasan, tapi untuk melakukan sesuatu yang besar untuk seseorang, kita harus memiliki cinta yang besar untuknya pula ^^

.
.
.
Baiklah, sekian review novel Oppa & I; Love Signs dari saya!
Tertarik untuk membaca novelnya? RECOMMENDED BANGET BUAT DIBACAAA! :”)))))
Sudah membacanya? Yuk atuh kita FANGIRLING-an! :”)))))))))))
.
.
.

“Jae In-a, ingat, kau harus jujur tentang perasaanmu sendiri. Kenali tanda-tandanya, kau paham, kan?” (p. 112)

.
.

Me gif:

 
SATISFIED WITH THE ENTIRE SERIES!



2 comments:

  1. ada PDF nya nggak ini. share dong kalo ada :"D

    ReplyDelete
  2. ada PDF nya nggak ini. share dong kalo ada :"D

    ReplyDelete