Monday 19 October 2015

[Review] Oppa & I: Love Missions by Orizuka & Lia Indra Andriana


Judul                     : Oppa & I; Love Missions
Penulis                   : Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit                 : Penerbit Haru
Tahun Terbit            : 2012
Cetakan                  : Pertama
Spesifikasi              : 19 cm, 220 halaman
Jumlah Bab             : 11 (sebelas) bab
Harga                     : Rp. 35.000,-
Durasi Baca             : 28 September-1 Oktober 2015
Kepemilikkan          : Meminjam dari Dhenda Fildza ^^
Rate                       : 4 of 5 ^^
.
.
Sinopsis;


Jae In:
Oppa.
‘Cinta’ itu sebenarnya apa?
Kenapa ia tidak bisa membuat orang-orang tetap tinggal?
Katakan padaku, aku harus bagaimana?

Jae Kwon:
Jae In-a.
Tak usah cemas, ada Oppa di sampingmu, kan?
Kta akan melalui semuanya bersama.
Kau hanya harus percaya pada Oppa!


.
.

“Tidak bisakah kita jadi keluarga normal? Yang saling percaya? Saling Berbagi? Yang selalu ada untuk satu sama lain?” lanjut Jae-In. “Apa benar-benar tidak bisa?” (p.209)

.
.
Park Jae Kwon menyadari bahwa ada masalah baru pada keluarganya, ayahnya, Jae Bin, tidak pulang dan hanya meninggalkan sebuah sms—memintanya untuk menjaga keluarga mereka. Bersama adik kembarnya, Park Jae In, Jae Kwon berusaha untuk menyelesaikan masalah keluarga mereka.


“Appa sedang mengetesku apa aku bisa menjadi payung kalian atau tidak. Dan aku akan membuktikan kalau aku bisa.”

Aku … akan menjadi payung bagi keluarga kita,” ucap Jae Kwon dengan mata berbinar penuh keyakinan. (p. 9)


Jae Kwon dan Jae In pun mencari keberadaan ayah mereka. Lewat informasi teman ayahnya, mereka pun mengetahui bahwa ayahnya tinggal di sebuah apartemen. Ketika hendak mencari tahu lebih jauh ke apartemen yang dimaksud, disana Jae In bertemu dengan Choi Seung Won, anak lelaki menyebalkan yang kini sudah menjadi aktor di salah satu drama korea terkenal. Ternyata, Seung Won juga tinggal di apartemen itu. Walaupun tetap menyebalkan seperti biasa, Seung Won ternyata banyak membantu Jae In.

Jae Kwon sendiri, selain disibukkan oleh pekerjaannya dan masalah keluarga yang semakin rumit, ia pun harus menghadapi kenyataan bahwa Hye Rin tidak lagi bersikap sama seperti dulu. Ha Neul yang tiba-tiba menarik hatinya pun tidak bisa ia kejar karena sahabatnya, Dae Suk, sepertinya juga menyukai gadis itu.


Mata Ha Neul sangat berbahaya. Selain punya efek seperti lem, juga memberikan efek bius. Ia tak boleh lama-lama menatap mata itu (p.122)


Lalu, bagaimanakah Park bersaudara menghadapi segala masalah yang menimpa diri mereka? Akankah mereka bisa menyelesaikan semua masalah yang datang secara hampir bersamaan itu?
.
.

Jae In mengangguk, “Oppa satu-satunya orang yang kupercaya.”

“Jae In-a, sebenarnya aku senang mendengarnya, tapi mungkin ini saat yang tepat untuk belajar mempercayai orang lain,” (p.99)

.
.


Baca selengkapnya pada novel Oppa & I: Love Missions Orizuka & Lia Indra Andriana ini! ^^


.
.
Oppa & I; Love Missons ini adalah buku kedua dari seri Oppa & I yang ditulis oleh dua orang author yaitu, Orizuka dan Lia Indra Andriana. Novel ini diangkat dari webseries di koreanupdates.com. Novel ini adalah sekuel dari Oppa & I.

Menurut saya, sekuel ini jauuuuh lebih baik dibandingkan novel pertamanya ^^ Dalam sekuel ini, pengembangan plotnya menurut saya sangat baik—cerita digali lebih kompleks dan juga kita bisa mengenal karakter-karakternya lebih dalam.

Masalah utama dalam cerita kali ini tetap berkisar pada keluarga, dimana Jae Kwon dan Jae sekarang harus bekerja sama menyelesaikannya. Dengan adanya masalah pada keluarga mereka, aku kira hubungan adik-kakak itu semakin dekat dan mereka bisa bergantung satu sama lain :” walaupun begitu, tetap saja masalah pribadi dua tokoh utama kita ini juga menarik untuk diikuti. Bagaimana Jae In masuk dalam hubungan benci-tapi-bagaimana kepada Seung Won dan Jae Kwon yang mulai menyukai Ha Neul tetapi tidak ingin menyakiti hati Dae Suk yang sepertinya juga menyukai gadis itu, ini semua menurut saya membuat cerita ini menjadi lebih menarik untuk diikuti :”) Keberadaan sahabat-sahabat Jae Kwon dan Jae In juga memiliki peran yang cukup baik dalam cerita ini, begitu pula dengan Seung Won. Menurut saya, karakter Jae Kwon dan Seung Won sangat menonjol dalam seri kali ini <3 terlihat sekali pengembangan karakter mereka menjadi lebih dewasa dalam menyikapi permasalahan <3
Banyak hal-hal manis dalam novel ini, tapi tidak bisa kutuliskan karena takutnya spoiler

Dalam membuat ringkasan cerita di atas pun saya mendapati kesulitan karena bingung manakah momen yang baiknya kupilih … momen-momen kecil dalam cerita ini seperti membentuk satu kesatuan cerita yang utuh, dan inilah yang saya suka dari sekuel Oppa & I ini :”)

Oh ya, interaksi Jae Kwon-Ha Neul dan Seung Won-Jae In sangatlah manis <3 saya suka bagaimana Kak Orizuka dan Kak Lia mengembangkan hubungan mereka hingga sedemikian rupa sehingga mereka menjadi karakter-karakter yang adorable dan shippable bangeet <3

Salah satu hal yang mungkin menurut saya kurang dalam novel ini adalah dasar atau alasan terjadinya masalah atau konflik cerita ini :’) menurut saya, lagi-lagi alasan sang karakter untuk melakukan sesuatu yang kemudian menjadi sumber masalah ini kurang kuat dan cukup membuat saya terdiam karena sedikit kecewa ketika mengetahuinya :’) tapi, penyelesaian konflik yang baik dan perkembangan karakter serta plot yang menarik membuat kekecewaan itu tertutupi dan membuat saya yakin menaikkan rate cerita ini dari sekuel sebelumnya <3 I mean, really, who can resist a family genre with a cute romantic story? ;)

Entah saya yang terlalu terhanyut dalam cerita yang disuguhkan novel ini atau bagaimana, tapi lagi-lagi saya tidak menemukan adanya salah ketik! Keren sekali ketelitian editor dari tim Penerbit Haru! :”) untuk selipan penggunaan bahasa korea dalam novel ini juga masih dipertahankan dan sangat membantu sekali untuk membangun setting dan feel cerita ^^

Dan sebagai penutup, saya rasa, Oppa & I: Love Missions ini cocok menjadi pilihan teman-teman yang sedang butuh bacaan manis dan menyenangkan. You’ll definitely love it like I do! ^^

.
.
.
Baiklah, sekian review novel Oppa & I; Love Missions dari saya!
Tertarik untuk membaca novelnya? BURUAN BACAAA! :”)))))
Sudah membacanya? Yuk atuh kita FANGIRLING-an! :”)))))))))))
.
.
.

“Aku tak mengerti kenapa orang-orang di sekitarku senang berakting. Ayahku berakting seperti tak pernah terjadi apapun. Ibuku berakting tegar. Kakku juga berakting bisa mengatasi semuanya,” Jae In mengangkat kepalanya, lalu menatap Seung Won nanar. “Kenapa? Kenapa manusia senang berakting?” (p. 134)


Me gif:
HEY, THE SEQUEL IS GOOD.


0 comments:

Post a Comment