Monday 21 December 2015

[review] Close to You by Clara Canceriana


Judul                      : Close to You
Penulis                    : Clara Canceriana
Penerbit                 : Penerbit Haru
Tahun Terbit            : 2012
Cetakan                  : Pertama
Spesifikasi              : 19 cm, 264 halaman
Jumlah Bab             : 19 (serta epilog)
Harga                     : Rp. 42.500,-
Durasi Baca             : 24 Oktober 2015
Kepemilikkan          : Meminjam dari Dhenda Fildza
Rate                       : 3.75 of 5 ^^
.
.
Sinopsis;


“ Menurutmu aku seperti apa?”
“Kau? Tentu saja perempuan manis yang lembut.”

Tidak seperti kata Alex, Hara sama sekali tidak manis maupun lembut. Saat Hara merasa mulai menyukai teman di dunia mayanya itu, Shin Kang, mantan pacarnya yang menyebalkan, kembali memberikan perhatian padanya.

Tapi bukan itu masalah terbesarnya. Bayu, mahasiswa pengecut asal Indonesia yang menjadi orang yang harus dia bimbing, diam-diam ikut mencuri perhatiannya.

Hara pernah berjanji untuk tidak pergi ke N Seoul Tower sebelum menemukan seorang yang disukainya.

Pada akhirnya, siapa yang harus diajaknya pergi ke N Seoul Tower?

“Kau … pernah jatuh cinta pada dua orang sekaligus?”


.
.
“Sebagai cowok rata-rata, kurasa sebaiknya kita juga mencari cewek rata-rata. Mendekati  cewek seperti itu saja tidak mudah. Coba kaulihat lagi. Siapa yang mau mendekatimu kalau ujung-ujungnya bukan meminjam catatan atau bertanya soal kuliah?” (p. 48)

Bayu adalah seorang mahasiswa asal Indonesia yang sedang melakukan studi di Universitas Kwangkan. Dia adalah tipikal lelaki yang pendiam dan mudah sekali dimanfaatkan oleh orang-orang di sekitarnya. Sikapnya itu membuat Hara yang galak dan ketus tidak menyukainya.

Dia tidak ingin bahkan makhluk dunia maya pun turut mengintimidasinya. Bagaimanapun juga, Bayu berharap ada sisi lain dari dirinya yang bisa orang lain lihat, walau tidak secara langsung. (p. 29)

Sebagai lelaki yang pemalu dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan Junpei, Bayu sebenarnya memiliki dekat dengan teman skype-nya, Lee, seorang perempuan yang lembut. Bayu tidak pernah bertemu dengan Lee, namun lelaki itu merasa nyaman pada gadis itu.

Tatapan Hara seperti api.
“Kaupikir kau akan jadi Casanova kalau menolong cewek-cewek itu terus?” (p. 126)

Kehidupan Bayu semakin berwarna ketika kemudian ia mendapati dirinya mendapatkan Hara sebagai partner selama sisa waktu lelaki itu di Korea. Bayu pun sontak menjadi sasaran ketika Hara sedang dalam mood yang tidak baik. Walaupun begitu, kedekatan mereka membuat Bayu bisa melihat sisi lain Hara yang sebelumnya tidak pernah ia lihat dan juga sebaliknya. Hal itu menimbulkan perasaan khusus yang timbul di hati keduanya. Konflik semakin rumit dengan kedatangan Shin Kang, mantan pacar Hara yang ingin kembali dekat dengannya.

Lalu … kepada siapakah akhirnya Hara akan memberikan hatinya?
.
.
.
.
“Kau … pernah jatuh cinta pada dua orang sekaligus?”
.
.


Baca selengkapnya pada novel Close to You karya Clara Canceriana ini! ^^


.
.
Close to You adalah novel pertama Kak Clara yang kubaca. Sebelumnya, aku pernah membaca tulisan kak Clara di Interwine dan mendapatkan kesan yang cukup berbeda dari tulisan kak Clara sebelumnya.

Mengambil latar di Korea, lebih tepatnya di universitas fiktif Kwanghan, Bayu berkuliah dan bertemu Hara. Sifat mereka yang bertolak belakang sungguh manis. Saya sebenarnya kurang suka dengan sifat Bayu yang pengecut dan terlalu mudah dimanfaatkan oleh orang lain, tapi dengan adanya Hara yang ‘membela’ Bayu, saya kira mungkin mereka memang ditakdirkan untuk saling melengkapi :”) saya suka dengan karakter-karakter yang konsepnya anti-mainstream seperti ini. Hanya saja, karakter-karakter lainnya seperti Kang, Junpei dan Rose menurut saya tidak terlalu menonjol dan tidak terlalu memberikan peran berarti pada jalannya cerita. Sayang sekaliii :’)
Konflik yang disajikan dalam novel ini sebenarnya cukup sederhana dan ringan, namun saya suka bagaimana Kak Clara menuliskannya bergantian dalam sudut pandang Hara juga Bayu. Dengan penulisan seperti itu, pembaca jadi bisa memahami perasaan masing-masing karakter. Hanya saja, saya tidak tahu apakah plot twist mengenai identitas teman chat Hara memang dimaksudkan untuk plot twist atau tidak—karena, ya, saya sebagai pembaca bisa menebaknya dari awal. Jadi, selama membaca, saya tidak berekspektasi apapun :’) Satu hal lagi yang saya soroti disini adalah disebutkan bahwa Hara sangat ingin pergi ke Seoul Tower dengan yang orang yang ia cintai (dan saya tentunya menunggu saat-saat itu), tapi hingga akhir cerita, saya tidak menemukan momen romantis ituuu ;;;;;; walaupun begitu, dinamika hubungan Bayu-Hara-Kang-Alex sangat menarik untuk diikuti, cinta segiempat memang menarik :”)
Secara keseluruhan, pengalaman membaca novel solo Kak Clara adalah pengalaman yang menyenangkan karena memang ceritanya yang ringan. Mungkin ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi saya tapi untuk pengalaman pertama saya kira ini memang bacaan yang menarik dan tentu saja saya sangat berharap ke depannya bisa membaca karya Kak Clara lagi :”)
.
.
.
.
Baiklah, sekian review novel Close to You dari saya!
Tertarik untuk membaca novelnya? BURUAN BACAAA! :”)))))
Sudah membacanya? Yuk atuh kita FANGIRLING-an! :”)))))))))))
.
.
.
“Tidak…,” Bayu segera menyela. Cepat. Hara sampai mengangkat wajahnya. Dia menatap Bayu dengan bingung. “Ka-ka-kalau kau tak keberatan, kaubisa percaya padaku … dan aku percaya pada Hara-sshi kalau kau tidak seperti yang orang lain katakan.” (p. 179)
.
.

Me: 
Mayan, mayaaaaan



0 comments:

Post a Comment