Thursday 10 September 2015

(My) 2015 Reading Challenge

Hai, kembali bersama deite lagi.
Kali ini posting-an deite akan membahas mengenai 2015 Reading Challenge!
Adakah yang ikut juga?
.

(deit, emang 2015 Reading Challenge itu apa sih?)

.
2015 adalah tantangan yang ditujukan untuk para pembaca di seluruh dunia. /very poor explanation, aight?/
.

(siapa yang mengadakan nih, deit?)

.
Well, berhubung saya juga tahu dari facebook (all hail ‘share button’ \ /), saya belum menemukan posting-an yang asli (?) dari pembuatnya atau bahkan siapa sih yang mempelopori ide ini.
.

(terus, di 2015 Reading Challenge ini kita harus ngapain?)

.
Simpel. Pertama, kita harus membaca. Oke, yang kedua, kita harus membaca buku yang termasuk pada kriteria yang ditentukan! Menarik banget nggak, sih?
.

(lumayan. Nah, kriterianya apa aja?)

.
Berbagai macam kriterianya bisa teman-teman cek pada gambar di bawah ini~
.

.
Saya hitung, total ada 50 kriteria yang ada.
Wah … banyak ya? Tapi menarik nggak, sih? Kriteria yang disuguhkan pada Reading Challenge kali ini membuat saya ingin mencobanya!
Apalagi kriteria yang a book that came out of the year you were born dan a book more than 100 years old! Saya sampai berpikir keras apakah buku semacam itu memang ada /tsaaah, alay/.
Sebagai orang-orang /yang mengaku/ penyuka buku, ini sih tantangan banget dimana kita harus mencari dan baca buku-buku yang tak pernah kita duga akan kita baca.
Tertarik untuk ikutan, kah?
.

(ini deite daritadi ngobrolin ini. Sendirinya ikut nggak? Atau cuman agen promosi aja?)

.
Eits, tentu saja saya juga disini ikutan dong!
Walaupun saya baru post tentang ini sekarang, tapi info ini sudah saya ketahui sejak awal tahun 2015, jadilah saya mulai terbiasa untuk mencoba menaklukkan satu demi satu kriteria yang ada. Contohnya, setiap saya hendak membaca, sebelumnya saya selalu mencocokkan buku dengan kriteria yang ada. Seperti jodoh (?), kalau cocok, ya pasti dilanjutkan ke tahap selanjutnya (?)—dalam kasus ini, membaca. Kalau tidak cocok, saya mencari buku lain yang saya punya untuk dibaca terlebih dahulu. Bahkan kadang saya sengaja beli buku hanya demi tantangan ini. /alay, kan?/ well, saya hanya menantang diri saya sendiri saja, kok! /hng, maso/
.

(oh … astaga, segitunya? Eh pengin liat dong buku apa aja yang udah kamu baca!)

.
Oke, ini saya perlihatkan daftar checklist manual yang saya buat sendiri :”) /maaf buat tulisannya yang jelek, tho/.
.
.
 .
.
Supaya lebih jelas, di bawah ini saya sudah membuat daftarnya :”) 
.
Alright, Let’s do the checklist!
My 2015 Reading Challenge List :
 (daftar ini didasarkan kronologi buku yang saya baca) (formatnya: kriteria tantangan – judul buku - penulis)
.
1.       A book that became a movie – Tenggelamnya Kapal Van der Wijck – HAMKA
2.       A book that scares you – Gone Girl – Gillian Flynn
3.       A Trilogy – Hunger Games (#1), Catching Fire (#2), Mockingjay (#3) – Suzanne Collins
4.       A Book with a non-human characters – Leafie – Sun-Mi Hwang
5.       A book by an author you’ve never read before – For One More Day – Mitch Albom
6.       A Book with A Number in the Title – 9 dari Nadira – Leila S. Chudori
7.       A non-fiction book – Jejak-Jejak Sejarah 1908-1926: Terbentuknya Suatu Pola – W. Poespoprodjo
8.       A Book with A Colour in the Title – Between Shades of Gray – Ruta Sepetys
9.       A Book by a Female Author – Fangirl – Rainbow Rowell
10.   A Book a Friend Recommendes – Ular dan Kabut – Ajip Rosidi
11.   A Book with More than 500 Pages – Rindu – Tere Liye
12.   A Book of Short Stories – Jatuh Cinta adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri – Bernard Batubara
13.   A Book Set in Different Countries – The Witch of Portobello – Paulo Coelho
14.   A Book You Can Finish in A Day – Sajadah Kita – xxxx
15.   A Book that Made You Cry – The Five Person You’ve Met in Heaven – Mitch Albom
16.   A Book Set in High School – I’mpossible – Orinthia Lee
17.   A Book that Came Out of The Year You Were Born – Pengalaman dan Kesaksian Sejak Proklamasi sampai dengan Orba – Julius Pour
18.   A Book that Was Originally in Different Language – Insurgent – Veronica Roth
19.   A Book Published this Year – Di Tubuh Tarra, Dalam Rahim Pohon – Faisal Oddang dkk
20.   A Book with A Love Triangle – Surat untuk Ruth – Bernard Batubara
21.   A Book Based  on True Story – Merry Riana; Mimpi Sejuta Dollar – Alberthenie Indah
22.   A Book with A One-Word Title – Legend – Marie Lu
23. A Book Based Entirely on its cover - Intertwine - FLOCK
.


.
.
(p.s: daftar akan selalu di-update sampai akhir tahun ini)
.
Wah … kalau dihitung-hitung saya sudah hampir menyelesaikan setengah dari tantangan ini /tepuk pundak sendiri/. Tapi, dari list yang ada di atas, sampai hari ini, baru satu buku yang berhasil saya review ;;;;;; /hiks/ tapi tak apa, saya akan tetap mencicil sisanya /bila sempat/ sampai entah kapan :”)
.
Oke, ini cerita saya tentang 2015 Reading Challenge yang saya jalani. Untuk yang belum mengikuti, tertarik, kah? Lalu, buat teman-teman yang sudah ikut, bagaimana ceritamu menjalani challenge yang satu ini?
.
Let’s share!
.
.
.
.
.
Me :
ini banget

0 comments:

Post a Comment